Senin, 13 Februari 2017

Contoh Penulisan Proposal Tugas Akhir BAB III

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi yang digunakan dalam penelitian aplikasi Pengembangan WebGis Sebaran Penyakit Tropis Guna Mendeteksi Kawasan Endemik Di Kota Malang mengadopsi model Waterfall :


  3.1            Tahapan Penelitian
  3.1.1            Analisa Kebutuhan
Pada tahapan ini dilakukan analisa terhadap kebutuhan – kebutuhan fungsional dan non-fungsional dalam aplikasi Pengembangan WebGis Sebaran Penyakit Tropis Guna Mendeteksi Kawasan Endemik Di Kota Malang. Yang dimaksud dengan kebutuhan fungsional adalah penerapan fitur – fitur yang akan ditampilkan pada halaman website yang sesuai dengan kebutuhan pengguna nantinya, sedangkan untuk kebuthan non-fungsional lebih kepada kebutuhan di luar fitur – fitur pada sistem seperti kebutuhan koneksi internet, perangkat keras dan lain sebagainya.

  3.1.2            Desain Sistem
Pada tahapan desain, dirumuskan rancangan arsitektur sistem, rancangan user interface dan perancangan proses pada sistem.
                       3.1.2.1            Arsitektur Sistem
Perancangan arsitektur aplikasi Pengembangan WebGis Sebaran Penyakit Tropis Guna Mendeteksi Kawasan Endemik Di Kota Malang, seperti gambar 3.1 menggambarkan interaksi antara client, server, serta kobocollect sebagai media collecting data lapangan. Pada sisi server digunakan web server untuk memberi layanan data, database sebagai penyimpanan data, dan google maps digunakan sebagai peta dasar aplikasi pemetaan sebaran penyakit tropis di kota malang. Pada client yang digunakan adalah web browser untuk melakukan request dan response dari sistem. Untuk kobocollect digunakan sebagai media collecting lapangan, data yang diperoleh akan diinputkan ke server sistem, kemudian sistem akan meminta

                        data lokasi ke google maps sebagai peta dasar pemetaan.

                       3.1.2.2            Use Case Diagram
Berdasarkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional yang telah ditentukan, dari pembangunan sistem ini terdiri dari 3 aktor yaitu Dinas kesehatan, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Operator puskesmas dan 26 use case. Berikut use case diagramnya :

1.      Use Case Dinas Kesehatan
Use Case Diagram dari aktor dinas kesehatan ini terdiri dari 1 aktor dan 8 use case.
2.      Use Case Kepala UPT
Use Case Diagram dari aktor kepala UPT ini terdiri dari 1 aktor dan 8 use case.
3.      Use Case Operator Puskesmas
Use Case Diagram dari aktor operator puskesmas ini terdiri dari 1 aktor dan 10 use case.


                       3.1.2.3            Activity Diagram
Activity Diagram menggambarkan alur dari sistem yang berjalan pada setiap aktornya. Berikut activity diagramnya :
1.      Aktor Dinas Kesehatan
Pada aktifitas ini terdapat 6 proses yang dapat dilakukan oleh aktor dari dinas kesehatan pada setiap aksinya.

2.      Aktor Kepala UPT
Pada aktifitas ini terdapat 6 proses yang dapat dilakukan oleh aktor dari dinas kesehatan pada setiap aksinya. 

3.      Aktor Operator Puskesmas
Pada aktifitas ini terdapat 9 proses yang dapat dilakukan oleh aktor dari operator puskesmas pada setiap aksinya.


                       3.1.2.4            User Interface
User interface yang dirancang adalah halaman utama dari aplikasi, user akan disajikan halaman ini saat mengakses halaman websitenya. Halaman ini dibagi menjadi 4 bagian, pada kiri halaman terdapat menu pencarian dari penderita penyakit tropis, bagian tengah adalah tampilah peta yang menunjukkan lokasi penderita penyakit tropis, bagian kanan akan menampilkan data hasil pencarian penderita penyakit tropis, dan bagian bawah terdapat menu informasi spesifik mengenai penyakit tropis yang ada pada kecamatan di kota malang.

  3.1.3            Implementasi
Implementasi dari aplikasi ini akan dikerjakan menggunakan perangkat lunak pendukung untuk basis data akan diimplementasikan menggunakan MySql Server. Untuk implementasi kode menggunakan Framework Code Igniter PHP.
Pengumpulan data pada saat implementasi lapangan menggunakan aplikasi open source KoBoCollect v1.4.8 yang mana aplikasi ini akan digunakan saat pengumpulan data lapangan berupa wawancara penderita penyakit tropis di kota malang, aplikasi ini akan mendukung pengembangan website perancangan web gis sebaran penyakit tropis karena data yang terkumpul akan tersimpan diserver KoBoCollect v1.4.8 dan dapat langsung diakses dan diterapkan pada website.
  3.1.4            Pengujian Sistem
Pada tahapan pengujian sistem ini lebih kepada evaluasi pada kesalahan – kesalahan yang terjadi pada sistem nantinya, dan jika masih ada kesalahan yang terjadi sesuai dengan alur model yang digunakan, maka proses akan diulang kembali pada proses desain. Untuk persentasi kesalahan diterapkan 80%, jika dibawah 80% maka proses baru akan diulang kembali.
  3.1.5            Maintenance

Pada tahapan ini akan digunakan untuk pendokumentasian atau pelaporan dari hasil penelitan mulai dari awal hingga akhir proyek aplikasi Pengembangan WebGis Sebaran Penyakit Tropis Guna Mendeteksi Kawasan Endemik Di Kota Malang ini. Sehingga dapat menjadi acuan untuk penelitian serupa kedepannya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar